Sejarah Desain Bangunan Bertingkat


Sejarah Desain Bangunan Bertingkat
Add caption
Sejarah Desain Bangunan Bertingkat - Bangunan adalah tempat tinggal yang menjadi impian hampir setiap orang. Olehsebab itu, jenis dan struktur bangunan memiliki perkembangan yang sangat pesat di era modern ini.
Meskipun yang sebenarnya desain bangunan bertingkat itu sudah ada sejak jaman dulu pada masa perang dunia, ada yang digunakan untuk tempat – tempat ibadah, kantor, dan simbol kekuatan kekuasaan kelompok tertentu.
Pembangunan gedung bertingkat pada masa itu tidaklah mudah, karena peralatan elektronik belum mengalami perkembangan secanggih seperti saat ini. Namun, dengan kemampuan para arsitektur yang handal.
Bangunan – bangunan dapat berdiri dengan sangat tinggi. Hingga saat ini bangunan bertingkat terus digunakaan oleh para arsitektur, dan terus dikembangkan menjadi banyak jenis dan model.
Di era modern ini, bangunan bertingkat hampir menjadi kebutuhan pokok yang harus dimiliki. Salahsatu penggunaanya sangat banyak sekali, seperti sekolahan, kantor, apertemen, distro, dan lain – lain. semakin besar bentuk kegunaan yang dibutuhkan semakin memungkinkan tempat itu akan dibuat untuk bertingkat.
Dari deskripsi diatas kita sudah mempelajari gedung bertingkat mulai dari sejarahnya pada abad 19 beserta fungsi – fungsinya. Selanjutnya kita coba pahami bersama tahapan dan proses pembuatanya oleh berbagai pihak yang mendalanginya, diantaranya sebagai berikut:
·         Konsultan Proyek
·         Coordinator dan para pelaksana
·         Owner
·         Arsitektur

Proses perancangan sistem dan struktur bangunan bertingkat yang skalanya cukup besar biasanya tidak terlepas dengan keempat pihak tersebut. Pasalnya, bentuk dari bangunan itu sendiri perlu suatu kesepakatan anatara pemilik dengan pihak pemborongnya. Bahkan, arsitektur harus memiliki catatan pakem terkait bagaimana sistem dan struktur bangunan yang akan di desainya nanti.

Dalam hal ini, desain bangunan bertingkat dapat dibuat apabila sudah ada kejelasan secara komplek dari beberpa pihak, contohnya seperti peralatan yang dibutuhkan, material yang digunakan, pekerja kuli yang diturunkan, tahap – tahap pengerjaan dan lain sebagainya.
Demikianlah artikel tentang desain bangunan bertingkat yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Sekian dari kami dan terimakasih.

Meta: Memahami sejarah bangunan bertingkat, ternyata sudah ada sejak abad ke 19, dan dikembangkan oleh para arsitektur sekarang menjadi lebih modern dan terkini dengan kecanggihan teknologi serta keprofesionalan arsitektur.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.